Hannah Blythyn bukanlah sumber cerita yang memicu pemecatannya dari pemerintahan, situs web berita yang mengungkap cerita tersebut.

Nation.Cymru telah membantah bahwa politisi Partai Buruh Senedd untuk Delyn berada di balik cerita yang mengungkap menteri pertama mengatakan dia menghapus pesan dari grup obrolan yang penuh dengan menteri pada bulan Agustus 2020.

Vaughan Gething mengatakan kepada Senedd pada hari Rabu bahwa bukti menunjukkan pesan tersebut jelas berasal dari teleponnya.

Pemerintah Welsh telah dimintai komentar.

Kepala eksekutif Nation.Cymru, Mark Mansfield, mengatakan bahwa “pada tahap mana pun, baik sebelum maupun sesudah penerbitannya, kami tidak pernah melakukan kontak apa pun dengannya”.

Partai Konservatif Welsh mengatakan “hampir mustahil untuk mempercayai versi kejadian yang disampaikan menteri pertama”.

Pada hari Rabu, Vaughan Gething mengatakan kepada Senedd bahwa pemerintah telah menerima “foto potongan obrolan iMessage dari seorang jurnalis” pada bulan Mei.

“Setelah memeriksa ulang foto tersebut dengan seluruh pesan yang ada, menjadi jelas bahwa foto tersebut kemungkinan hanya berasal dari ponsel salah satu anggota,” katanya.

BBC Wales telah diberitahu oleh banyak sumber bahwa ponsel Ms. Blythyn teridentifikasi karena rinciannya tidak ada dalam daftar peserta yang tercantum pada foto.

Tuan Gething menanggapi pernyataan pribadi dari Nona Blythyn dari hari sebelumnya, di mana dia membantah pernah membocorkan informasi ke media.

Dia mengemukakan serangkaian tuduhan terhadap Tn. Gething, termasuk bahwa dia tidak diperlihatkan bukti apa pun sebelum dia dipecat, tidak diberi tahu bahwa dia sedang diselidiki, dan bahwa situasi tersebut membuatnya sangat cemas dan stres.

Selama pernyataan Tuan Gething, Nyonya Blythyn terlihat menggelengkan kepalanya.

Di situs Nation.Cymru, Mark Mansfield berkata: “Mengingat besarnya minat publik dan pentingnya cerita ini dan karena keprihatinan terhadap kesejahteraan Hannah Blythyn, kami telah memutuskan bahwa hal yang benar untuk dilakukan adalah menyatakan secara terbuka bahwa dia bukanlah sumber cerita kami dan bahwa pada tahap mana pun sebelum atau sesudah publikasi ini, kami tidak pernah menghubunginya mengenai hal itu.”

Sumber