Raja Charles III untuk pertama kalinya berbicara secara terbuka setelah didiagnosis menderita kanker.

Pada hari Sabtu, Istana Buckingham merilis sebuah pernyataan atas nama raja berusia 75 tahun tersebut, di mana ia menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang ia terima di tengah berita kesehatannya baru-baru ini.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas banyak pesan dukungan dan harapan baik yang saya terima dalam beberapa hari terakhir,” kata Raja Charles. “Seperti yang diketahui semua orang yang terkena kanker, pemikiran baik seperti itu adalah penghiburan dan dorongan terbesar.”

Pernyataan tersebut melanjutkan, “Sungguh menggembirakan mendengar bagaimana berbagi diagnosis saya telah membantu meningkatkan pemahaman masyarakat dan menyoroti pekerjaan semua organisasi yang mendukung pasien kanker dan keluarga mereka di Inggris dan dunia yang lebih luas. Kekaguman seumur hidup saya atas kepedulian dan dedikasi mereka yang tak kenal lelah semakin besar berkat pengalaman pribadi saya.”

Awal pekan ini, Istana Buckingham mengungkapkan bahwa Raja telah didiagnosis mengidap suatu penyakit kanker, dan menulis bahwa dia “tetap bersikap positif terhadap pengobatannya dan berharap untuk segera kembali menjalankan tugas publiknya.”

Meskipun para pejabat tidak memberitahukan jenis kanker apa yang diderita Raja atau pada stadium apa, mereka memastikan bahwa itu bukan kanker prostat. Raja dirawat di rumah sakit bulan lalu karena operasi pembesaran prostat.

Istana Buckingham mengatakan raja akan mulai menerima perawatan rutin.

Pangeran Harry juga kembali ke Inggris minggu ini hanya selama 24 jam untuk mengunjungi ayahnya setelah diagnosis kankernya terungkap secara mengejutkan.

Sumber

Previous articleKebenaran itu menyakitkan, jadi saya belajar untuk tidak mengungkapkan semuanya – Monalisa Stephen
Next articleTanya Jawab: Prabowo Subianto dari Indonesia 'yakin' akan kemenangan pemilu
Freelance journalist covering Indonesia and Timor-Leste. Bylines in the South China Morning Post, Nikkei Asia, The Telegraph and other outlets. Past TV work for ABC News US, Al Jazeera English and TRT World. Previously reported out of Taiwan.